PORTAL PPID

Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Gorontalo

PPID Utama

BPTP Gorontalo Lakukan Eksplorasi dan Karakterisasi Tanaman Porang Lokal Asal Gorut




Selasa (23/02/2021), BPTP Gorontalo melakukan eksplorasi tanaman porang yang ada di Desa Bualemo Kecamatan Kwandang, Kabupaten Gorontalo Utara. Hal ini terkait dengan tindak lanjut kunjungan dari Bapak Tamsil, petani asal Kabupaten Gorontalo Utara beberapa hari lalu.  Dalam kunjungan lapang kali ini kepala BPTP Gorontalo bersama Tim Sumber Daya Genetik (SDG) secara langsung melakukan identifikasi karakter dari tanaman porang lokal ini. Hal ini guna proses untuk mendapatkan tanda daftar tanaman lokal satu ini.

Seperti diketahui tanaman Porang tumbuh dengan tangkai tunggal atau batang bercorak belang-belang hijau-putih. Tangkai kemudian menjulurkan cabang-cabang sebagai tangkai daun. Namun untuk tanaman Porang yang akan didaftarkan dengan nama Porange tersebut memiliki corak orange yang unik dan khas.

Tanaman Porang juga memiliki kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan. Karena kaya manfaat, porang juga berpotensi untuk dikomersilkan, bahkan untuk pasar ekspor. Sejauh ini warga Desa Bualemo, Kecamatan Kwandang, Kabupaten Gorontalo Utara mendapatkan binaan dari lembaga masyarakat desa dalam hal cara budidaya tanaman umbi tersebut.

Tag: #BPTPgorontalo2021   #KetahananPangan

Logo

PPID

Kementerian Pertanian
Republik Indonesia

Alamat:

Sekretariat PPID
Jl. Mohamad Van Gobel No.270, Iloheluma, Tilongkabila, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo 96119

Hubungi:

HP & WA: 082194884948
Email: [email protected]

Peta Lokasi

Gedung Kementerian Pertanian, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

www.pertanian.go.id

ppidutama

ppidkementan

ppidkementan

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset