PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Gorontalo

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Gorontalo

BPTP Gorontalo Serahkan Tanda Daftar Kopi Pinogu Kepada Pasangan Bupati dan Wakil Bupati Terpilih




Jumat (26/02/2021), menjadi hari penting bagi masyarakat Kabupaten Bone Bolango. Pasalnya dihari itu pasangan H.Hamim Pou, S.Kom., MH dan Dr. Merlan Uloli, SE., MM, secara resmi dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bone Bolango periode 2021-2024. Acara pelantikan yang dilanjutkan dengan sesi ramah taman dan pidato perdana di Mall Pelayanan Publik itu turut dihadiri oleh Kepala BPTP Gorontalo, Dr. Aminn Nur, SP., M.Si.

Dalam kesempatan itu pula Kepala BPTP Gorontalo ikut mengucapkan selamat, sekaligus menyerahkan 2 (dua) tanda daftar varietas tanaman kepada Bupati dan Wakil Bupati terpilih. Tanda daftar yang diserahkan merupakan tanda daftar varietas kopi Liberika Pinogu HP dan Kopi Robusta Pinogu HP. Kedua tanda daftar ini merupakan tanda kepemilikan komoditas yang dikeluarkan oleh Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian (PPVTPP). Dengan tanda daftar tersebut, menjadi bukti bahwa Kopi Pinogu merupakan varietas lokal asli Gorontalo dan dilindungi secara hukum dan undang-undang yang berlaku.

Diharapkan dengan penyerahan tanda daftar varietas tanaman ini menjadi gerbang untuk lebih memperkenalkan kopi asli Kecamatan Pinogu, Kabupaten Bone Bolango kepada masyarakat dunia.