PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Gorontalo

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Gorontalo

BPTP Gorontalo Laksanakan Bimtek SDM Pertanian dan Pengenalan VUB Balitbangtan




BPTP Gorontalo Laksanakan Bimtek SDM Pertanian dan Pengenalan VUB Balitbangtan
Rabu (03/03/2021), BPTP Gorontalo kembali menyelenggarakan Kegiatan bimbingan teknis bagi penyuluh dan petani di Provinsi Gorontalo. Bertempat di BPP Tolangohula, Kabupaten Gorontalo dan BPP Wonosari, Kabupaten Boalemo. Bimbingan teknis bagi Sumber Daya Manusia (SDM) Pertanian kali ini mengangkat judul penggunaan Perangkat Uji Tanah Sawah (PUTS), pengenalan VUB padi balitbangtan serta pengembangan padi biofortifikasi IR Nutrizinc.


Dalam kesempatan tersebut hadir Kepala BPTP Gorontalo, Dr. Amin Nur, SP., M.Si, Kepala Bidang Tanaman Pangn Dinas Pertanian Kabupaten Gorontalo, Wakil Ketua DPRD, anggota komisi II DPRD Provinsi Gorontalo serta 50 orang yang terdiri petani - penyuluh. Dalam sambutannya Kepala BPTP Gorontalo menyebutkan agar petani dan penyuluh untuk tetap semangat meski tengah berada di masa pandemi seperti sekarang ini. 
Kegiatan inipun mendapat apresiasi dari wakil ketua DPRD Komisi II Provinsi Gorontalo dan mengharapkan adanya PUTS di tiap BPP agar dapat digunakan oleh penyuluh maupun petani yang membutuhkan. PUTS merupakan alat bantu analisis kadar hara tanah N, P, K dan PH tanah sawah yang dapat digunakan dengan mudah, cepat, murah dan sangat akurat.


Harapannya kegiatan bimtek ini dapat meningkatkan kualitas SDM pertanian dan mengenalkan VUB dan inotek padi Biofortifikasi IR Nutrizinc. Kegiatan bimtek ini dilaksanakan guna mendukung kegiatan pendampingan pelaksanaan program dan kegiatan strategis kementerian pertanian BPTP Gorontalo.