PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Gorontalo

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Gorontalo

BPTP Gorontalo Gelar Bimtek Padat Karya Hasil Kerjasama Dengan Bank Indonesia




Jumat (26/03/2021), BPTP Gorontalo melaksanakan Bimbingan Teknis Padat Karya tahun 2021 bekerjasama dengan Bank Indonesia. Bimbingan Teknis yang bertajuk "Bersinergi dan Kolaborasi Inovasi Dalam Peningkatan Kapasitas Petani di Provinsi Gorontalo" itu dihadiri oleh Peneliti, Penyuluh dan karyawan BPTP, Perwakilan dari Bank Indonesia serta petani binaan  dan pondok pesantren binaan BI di Provinsi Gorontalo.

BPTP Gorontalo yang diwakilkan oleh Sub Koordinator KSPP, Fatmah Sari Indah Hiola, SP, berharap bimbingan teknis kali ini mampu memberikan motivasi dan pengetahuan bagi petani binaan yang tergabung baik dari kelompok tani, karang taruna maupun koperasi. Beliau mengungkapkan berbagai kajian spesifik lokasi yang telah dilakukan oleh BPTP Gorontalo telah menghasilkan paket teknologi yang mampu meningkatkan hasil produksi.

"BPTP Gorontalo memiliki paket teknologi yang sudah  dikaji dan dikembangkan di berbagai wilayah di Provinsi Gorontalo. Mulai dari paket teknologi budidaya tanaman pangan, hortikultura bawang merah dan cabai hingga ternak ayam KUB dan Sensi dari Badan Litbang Pertanian. Untuk itu kami terbuka dalam hal pendampingan teknologi pertanian yang bapak/ibu kembangkan," ungkap beliau.
Selain itu, Bank Indonesia yang diwakili oleh Manager Analis Fungsi Pengembangan UMKM Keuangan Inklusif Syariah (FPUKIS), Rifki Ismail mengungkapkan di tahun 2021 Bank Indonesia terus mendukung upaya petani untuk maju dan meningkatkan produksi pertanian di wilayah Gorontalo. Tak cukup membidik pasar nasional, petani Gorontalo diharapkan mampu melaju ke pasar global.
Dalam bimbingan teknis padat karya kali ini, peserta diberikan materi seputar perbenihan VUB Jagung dan Padi hasil Badan Litbang Pertanian, Proliga bawang merah dan cabai serta pengembangan ternak ayam KUB dan Sensi. Dilanjutkan dengan sesi diskusi yang diwarnai dengan antusias peserta untuk tahu lebih dalam tentang inotek yang ditampilkan di BPTP Gorontalo dan ditutup dengan anjangsana ke Taman Sains Pertanian untuk melihat berbagai display budidaya seperti VUB Padi, Jagung, melon, bawang putih hingga teknologi hidroponik.