PORTAL PPID

Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Gorontalo

PPID Utama

BPTP Gorontalo lakukan uji adaptasi varietas bawang putih di Kebun Percobaan BPTP.




Mulai tahun 2021, BPTP Gorontalo melakukan uji adaptasi varietas bawang putih baik di dataran rendah, menengah dan tinggi. Untuk di dataran rendah, pengujian dilakukan di lahan petani di Desa Ilomangga, Kec. Tabongo, Kabupaten Gorontalo, di Taman Cendekia, Desa Balahu, Kec. Tibawa, Kab. Gorontalo dan di Kebun Percobaan (KP) BPTP Gorontalo. Kegiatan pengujian ini merupakan bagian dari kegiatan Kaji Terap Inovasi Pertanian.

Khusus di KP BPTP Gorontalo, dilakukan pengujian adaptasi varietas pada lahan bedengan pada lahan terbuka, dan di dalam screen house menggunakan media tanam di polibag. Varietas yang diuji yaitu bawang lokal Lumbu Hijau, dan bawang impor. Pemupukan dengan pupuk hayati dan penggunaan asam humat. Total terdapat 6 perlakuan dan 10 ulangan dengan total 60 polibag. Pengamatan terus dilakukan secara rutin untuk melihat keragaan pertumbuhan tanaman bawang putih.

Dari pengujian ini diharapkan dihasilkan rekomendasi varietas dan teknologi budidaya bawang merah yang adaptif di Provinsi Gorontalo khusunya di dataran rendah.

 

Logo

PPID

Kementerian Pertanian
Republik Indonesia

Alamat:

Sekretariat PPID
Jl. Mohamad Van Gobel No.270, Iloheluma, Tilongkabila, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo 96119

Hubungi:

HP & WA: 082194884948
Email: [email protected]

Peta Lokasi

Gedung Kementerian Pertanian, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

www.pertanian.go.id

ppidutama

ppidkementan

ppidkementan

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset