PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Gorontalo

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Gorontalo

Kunjungi BPTP Gorontalo, Kepala BBP2TP Ingin Inovasi Balitbangtan Makin Gencar di Diseminasikan




Disela kegiatan Temu Teknis 2021, Kepala Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (BBP2TP) mengunjungi berbagai instalasi pengkajian dan display inovasi Badan Litbang Pertanian di BPTP Gorontalo. Didampingi oleh Kepala BPTP Gorontalo, Kepala Sub Koordinator Kerjasama, Kepala Sub Bagian Tata Usaha dan Koordinator Program, Dr. Ir. Fery Fahruddin Munir, M.Sc, berkeliling melihat Unit Pengelola Benih Sumber (UPBS), Taman Agro Inovasi (Tagrinov) serta kandang ayam modern BPTP Gorontalo.

Kepala Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian, Dr. Ir. Fery Fahruddin Munir, mengungkapkan apresiasinya terhadap kinerja BPTP Gorontalo dan berharap inovasi-inovasi Badan Litbang Pertanian makin gencar didiseminasikan terutama teknologi spesifik lokasi. "Mandat utama BPTP adalah mendesiminasikan teknologi pertanian yang dihasilkan oleh Balai Komoditas lingkup Balitbangtan kepada petani, dengan melibatkan petugas lapang baik peneliti, penyuluh, maupun aparat pemerintah lainnya. Namun perlu ditekankan bahwa teknologi yang didiseminasikan harus spesifik lokasi. Mencari yang cocok dengan daerah masing-masing, agar hasil produksi bisa maksimal," ungkap Kepala BBP2TP.

"Strategi akselerasi dan hilirisasi inovasi pertanian sangat penting agar 65% inovasi teknologi hasil Balitbangtan dimanfaatkan dan dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani," imbuh beliau. 

Kepala BBP2TP berharap BPTP Gorontalo mengoptimalkan pemanfaatan Instalasi Penelitian dan Pengkajian Teknologi Pertanian sebagai kebun koleksi SDG pertanian, produksi benih sumber, diseminasi/show window teknologi dan kebun produksi serta selalu berkinerja hebat untuk dapat menjadi problem solving serta dapat membantu pencapaian pendapatan pembangunan pertanian di daerah dan nasional.