PORTAL PPID

Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Gorontalo

PPID Utama

Gelar Temu Teknis 2021, BPTP Gorontalo Kenalkan Potensi Porang Lokal Asal Gorontalo




Senin (12/04/2021), BPTP Gorontalo sukses melaksanakan kegiatan Temu Teknis Peneliti – Penyuluh Balitbangtan BPTP Gorontalo dengan Penyuluh daerah tahun 2021. Kegiatan Temu Teknis ini dihadiri oleh Bupati Kabupaten Gorontalo Utara, Dr.H.Indra Yasin, SH., MH, Kepala Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (BBP2TP), Dr. Ir. Fery Fahruddin Munir, M.Sc, Kepala BPTP Gorontalo, Dr. Amin Nur, SP., M.Si, Peneliti dan Penyuluh BPTP Gorontalo serta penyuluh daerah se-provinsi Gorontalo.

Kegiatan ini menjadi bentuk sinergi dan koordinasi antara peneliti – penyuluh Balitbangtan BPTP Gorontalo dengan Penyuluh daerah serta stakeholder terkait di bidang pertanian. Dalam sambutannya Bupati Gorontalo Utara sangat antusias terhadap kegiatan ini serta optimis, Porang mampu bersaing dengan komoditas unggulan pertanian lain yang ada di Provinsi Gorontalo. Pasalnya, banyak manfaat yang bisa diambil dari tanaman berumbi tersebut dan belum banyak diketahui oleh masyarakat luas. 

“Porang ini ternyata memilliki manfaat luar biasa, bisa digunakan sebagai bahan baku perekat, bahkan bermanfaat untuk penderita diabetes hingga produk kosmetik. Saya berharap kedepannya BPTP Gorontalo bisa melakukan kajian untuk menemukan manfaat-manfaat lain dari tanaman Porang ini,” ungkap Dr. Indra Yasin, SH., MH.

Dalam kesempatan yang sama Kepala BBP2TP yang hadir sebagai keynote speaker, memberikan materi yang bertajuk "Hilirisasi teknologi dan inovasi Balitbangtan". Dalam materi yang disajikan Dr. Ir. Fery Fahrudin Munir, mengungkapkan bahwa komoditas Porang saat ini semakin diminati. "Komoditas porang dapat dikatakan sebagai komoditas Mahkota karena dalam 15 tahun terakhir permintaan di pasar ekspor kian meningkat. Artinya komoditas ini memiliki nilai ekonomi yang bagus. Dan berdasarkan data Kementan, terdapat 13 (Tiga belas) negara yang siap menjadi tujuan ekspor. Diantaranya tiongkok, vietnam dan Philipina," jelas Kepala BBP2TP.

Seperti diketahui dalam Temu Teknis kali ini tanaman Porang yang dikenalkan berasal dari kabupaten Gorontalo Utara. Porang mulai berkembang di Kabupaten Gorontalo Utara dan tersebar di beberapa Kecamatan diantaranya Kecamatan Kwandang, Tomilito, Gentuma hingga Atinggola. Pelan-pelan tanaman porang menjadi sumber ekonomi baru di Provinsi Gorontalo dan diharapkan bisa dikembangkan lebih luas untuk masuk ke pasar internasional.

Logo

PPID

Kementerian Pertanian
Republik Indonesia

Alamat:

Sekretariat PPID
Jl. Mohamad Van Gobel No.270, Iloheluma, Tilongkabila, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo 96119

Hubungi:

HP & WA: 082194884948
Email: [email protected]

Peta Lokasi

Gedung Kementerian Pertanian, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

www.pertanian.go.id

ppidutama

ppidkementan

ppidkementan

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset