PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Gorontalo

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Gorontalo

Berdaya Lewat Horti, BPTP Gorontalo Gelar Bimtek Rumah Pangan Lestari di Kabupaten Bone Bolango




BPTP Gorontalo melalui kegiatan Hilirisasi teknologi dan inovasi Balitbangtan di Provinsi Gorontalo kembali menyelengarakan Bimbingan Teknis Rumah Pangan Lestari. Mengambil tema “Optimalisasi pekarangan untuk kemandirian pangan keluarga” kegiatan dilaksanakan di Desa Bulontala Timur Kecamatan Suwawa Selatan Kabupaten Bone Bolango (16/07/2021).
 
Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Kepala BPTP Gorontalo, Dr. Amin Nur SP., M.Si. Dalam arahannya beliau berharap bahwa kegiatan ini dapat berlangsung lancar, memberi manfaat dan berkelanjutan. "Dengan harapan besar kelompok tani mampu berdaya minimal dengan menyediakan bibit atau benih bagi anggota. Pekarangan bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk pertanaman sayuran yang dikonsumsi setiap hari. Tentunya ini mengurangi pengeluaran keluarga," jelas Kepala BPTP Gorontalo.
 
Pada kegiatan bimbingan teknis ini dihadiri oleh Koordinator Jabatan Fungsional BPP Suwawa Selatan, aparat desa Bulontala Timur, serta anggota kelompok wanita tani Al-Hidaya. Kegiatan diawali dengan penyampaian materi pemanfaatan pekarangan dan praktek pembuatan media tanam dan budidaya tanaman horti.
 
Harapan kedepannya kegiatan Rumah Pangan Lestari ini mampu berkelanjutan hingga masing-masing anggota mampu berdaya dan memanfaatkan pekarangannya dengan maksimal.