PORTAL PPID

Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Gorontalo

PPID Utama

BPTP Gorontalo ikut serta dalam Rapat Membahas Potensi Gorontalo Dalam Peta Peluang Investasi Badan Koordinasi Penanaman Modal/Kementerian Investasi





Pada Hari Jumat lalu dilaksanakan Rapat identifikasi dan penajaman lokasi dan kesiapan lahan pada proyek pengembangan kawasan industri Pengolahan Hasil Perkebunan. Rapat ini  diikuti oleh 13 instansi di Provinsi Gorontalo diantaranya BAPPEDA Provinsi/Kab/Kota, Sucofindo, BPN Provinsi Gorontalo, Dinas Perdagangan, BPMTPTSP dan juga BPTP Gorontalo. Sektor usaha yang masuk dalam peta peluang investasi BKPM untuk Provinsi Gorontalo adalah industri hasil perkebunan dan pengembangan kawasan hutan. Menyangkut lokasi investasi itu, Sucofindo selaku pihak yang bekerja sama dengan Kementerian Investasi dan BKPM dalam penyusunan peta investasi, akan melakukan pemetaan dan survei awal dengan melibatkan pemerintah daerah.


Dalam rapat pertemuan  ini, Kepala BPTP Gorontalo menyampaikan potensi Gorontalo dalam bidang tanaman perkebunan selain lahan yang luas dan potensial, juga memiliki varietas unggul nasional diantaranya tanaman kelapa (3 Varietas) dan cengkeh (1 varietas). Sejak tahun 2017, BPTP Gorontalo telah melaksanakan inovasi teknologi dalam produksi benih tanaman perkebunan  pada tanaman kelapa dan cengkeh. Tujuan kegiatan ini dalam rangka ketersediaan benih bermutu sangat diperlukan dalam peremajaan tanaman guna menghasilkan produksi yang tinggi. Selain produksi benih, BPTP Gorontalo juga mengembangkan usaha pengolahan hasil bagi UMKM yakni minyak goreng kelapa sehat. 


Berbagai manfaat dan konstribusi yang diberikan oleh komoditi tersebut  belum diiringi dengan pertumbuhan produksi dan produktivitas yang signifikan guna mengimbangi kebutuhan yang semakin meningkat setiap tahunnya. Sehubungan dengan itu perlu adanya dukungan penyediaan benih secara berkesinambungan baik kualitas maupun kuantitas.

Logo

PPID

Kementerian Pertanian
Republik Indonesia

Alamat:

Sekretariat PPID
Jl. Mohamad Van Gobel No.270, Iloheluma, Tilongkabila, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo 96119

Hubungi:

HP & WA: 082194884948
Email: [email protected]

Peta Lokasi

Gedung Kementerian Pertanian, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

www.pertanian.go.id

ppidutama

ppidkementan

ppidkementan

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset