PORTAL PPID

Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Gorontalo

PPID Utama

Akurasi Data Sentinael-1, BPTP Gorontalo Laksanakan Pengambilan Data Ubinan Padi di Kabupaten Gorontalo




Dalam rangka peningkatan akurasi model standing crop dan provitas padi sentinel-1, Jumat (30/07/21) BPTP Gorontalo melaksanakan kegiatan pengambilan data ubinan di Kabupaten Gorontalo. Pengambilan data ubinan yang diinisiasi oleh Balai Besar Sumber Daya Lahan Pertanian ini akan digunakan untuk mendukung program single data Kementerian Pertanian.
 
Pengambilan data dilaksanakan di Kecamatan Talaga Jaya, Kabupaten Gorontalo, tepatnya di 2 (dua) desa yaitu desa Bulota dan Desa Bunggalo. Total terdapat 3 (tiga) titik pengambilan data ubinan yang memakai varietas Mekongga dan Inpari 42. Lokasi tersebut dipilih berdasarkan informasi dari Koordinator BPP Talaga Jaya, bahwa terdapat lahan pertanaman padi yang akan panen dihari itu.
 
Pengambilan data dipimpin oleh peneliti dari BPTP Gorontalo, Muh Fitrah Irawan serta tim yang terdiri dari penyuluh dan teknisi litkayasa. Dalam pengambilan ubinan dipilih petakan untuk plot ubinan dengan ukuran 2,5 m x 2,5 m menggunakan alat ubinan. Menentukan titik pangkal untuk ubinan, kemudian memanen padi yang masuk dalam petakan ubinan. Hasil ubinan kemudian dikonversikan menjadi perhitungan Gabah Kering Panen (GKP) dalam satuan kg/ha.
 
Pada titik ubinan ke-3 didapat nilai ubinan terbesar yaitu sejumlah 3,535 kg/ubinan atau jika dikonversikan menjadi 4,7 ton/ha. Padi yang ditanam merupakan padi mekongga dengan jarak tanam 30 cm x 30 cm. Diharapkan dengan pengambilan data ubinan di Kabupaten Gorontalo ini, akan memberikan data provitas yang nantinya akan mendukung pengembangan inovasi di budidaya padi khususnya di Kabupaten Gorontalo secara spesifik.

Logo

PPID

Kementerian Pertanian
Republik Indonesia

Alamat:

Sekretariat PPID
Jl. Mohamad Van Gobel No.270, Iloheluma, Tilongkabila, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo 96119

Hubungi:

HP & WA: 082194884948
Email: [email protected]

Peta Lokasi

Gedung Kementerian Pertanian, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

www.pertanian.go.id

ppidutama

ppidkementan

ppidkementan

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset