PORTAL PPID

Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Gorontalo

PPID Utama

Kolaborasi Dengan ASKI (Asosiasi Kopi Indonesia), BPTP Gorontalo Siap Angkat Kopi Lokal Dulamayo




Kopi merupakan salah satu komoditi unggulan pada bidang perkebunan, seperti telah diketahui bersama Indonesia merupakan surga bagi para penikmat kopi. Berbagai macam jenis kopi tumbuh di Indonesia mulai dari Arabika, robusta, dan liberika pun ada. Hampir semua provinsi di Indonesia mempunyai tanaman kopi lokal begitu juga di Provinsi Gorontalo. Terdapat beberapa jenis kopi lokal yang tidak kalah dengan kopi-kopi dari daerah lain, salah satunya adalah kopi dulamayo dari jenis kopi robusta.
 
Berdasarkan informasi yang telah dihimpun oleh ASKI (Asosiasi Kopi Indonesia), Kopi Dulamayo sudah turun temurun dibudidayakan di Desa Dulamayo Selatan, Kecamatan Telaga, Kabupaten Gorontalo. Sebagai upaya pelestarian memperkenalkan Kopi Dumalayo maka ASKI berkolaborasi dengan BPTP Gorontalo segera mendaftarkan aksesi ini melalui Pusat Perlindungan varietas tanaman Kementerian pertanian.
 
Sebagai langkah awal pendaftaran, dilakukan karakterisasi tanaman kopi Dulamayo. Selain itu juga dilakukan pengamatan fisik lahan untuk identifikasi awal kesesuaian lahan tanaman kopi di calon lokasi pengembangan Kopi Dulamayo. Hasil pengamatan fisik menunjukkan lahan tersebut berada pada kelas kesesuaian lahan sesuai marginal S3er dengan faktor pembatas lereng 15-30 %, namun hal ini masih bisa ditingkatkan dengan menerapkan Teknik konservasi seperti pembuatan teras alami ataupun buatan.
 
Selain itu juga dilakukan pengambilan sampel tanah untuk uji cepat status hara dan pH tanah. Kepala BPTP Gorontalo, Dr.Amin Nur, SP., M.Si, berharap agar sumberdaya genetik lokal seperti kopi ini segera didaftarkan di PVT Kementerian Pertanian agar kopi lokal tersebut mendapat tanda daftar sebagai bukti komoditas lokal asli daerah Dulamayo. Sebagai informasi kopi Dulamayo ini memiliki citarasa cukup unik dan khas.

Logo

PPID

Kementerian Pertanian
Republik Indonesia

Alamat:

Sekretariat PPID
Jl. Mohamad Van Gobel No.270, Iloheluma, Tilongkabila, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo 96119

Hubungi:

HP & WA: 082194884948
Email: [email protected]

Peta Lokasi

Gedung Kementerian Pertanian, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

www.pertanian.go.id

ppidutama

ppidkementan

ppidkementan

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset