PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Gorontalo

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Gorontalo

BPTP Gorontalo Hadiri Rakor dalam Upaya Konsolidasi Peran Strategis BPTP dalam Pemantapan Rencana Kerja TA 2023




 Kepala Badan Litbang, Dr. Ir. Fadjry Djufry, M.Si., menyatakan bahwa ke depan seluruh kegiatan pertanian dari hulu sampai hilir harus terstandardisasi, baik produk, sistem, kelembagaan, dan SDM di bidang pertanian. "Peran BPTP dalam standardisasi komoditas lokal spesifik lokasi, baik mutu dan keamanan kesehatan, sehingga dapat menembus berbagai negara tujuan ekspor pertanian Indonesia.”tutur Fadjry.

Dalam rakor tersebut, Sekretaris Balitbangtan, Dr. Ir. Haris Syahbuddin, DEA., juga memberi arahan kepada BPTP untuk mengoptimalkan pemanfaatan IP2TP. “Kebun percobaan IP2TP Balitbangtan jumlahnya sebanyak 131 KP dan luas 47.007.530 meter persegi bisa dioptimalkan penggunaannya untuk pemeliharaan SDG, produksi benih, pembuatan produk, dan penyebarluasan teknologi"papar Haris.

Rakor bertema “Konsolidasi Penerapan Standar Instrumen Pertanian Antisipasi Krisis Pangan Global” ini diharapkan dapat menjadi salah satu wahana untuk mewujudkan peran strategis BBP2TP dan BPTP dalam mendukung pertanian maju, mandiri, dan modern. Kepala BBP2TP, Dr. Ir. Fery Fahrudin Munier, MSc. IPU., rakor ini bertujuan menyempurnakan rencana anggaran tahun 2023. “Untuk menyempurnakan rencana dan merumuskan strategi, maka diperlukan arahan dari Kepala Badan dan Sekretaris Badan Litbang Pertanian, serta masukan dan saran dari Kepala BPTP dan Koordinator PE selindo yang hadir hari ini, "pungkas beliau.