PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Gorontalo

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Gorontalo

Mewujudkan Kopi Pinogu Organik Berstandar serta Berdaya Saing, BSIP Berkolaborasi dengan Pemda Bone Bolango




 akan menjadi perjalanan yang tak terlupakan.

Wilayah yang relatif kurang terjamah menghasilkan banyak keanekaragaman hayati dapat ditumbuh dan berkembang di Pinogu. Salah satu yang sudah dikenal secara nasional adalah Kopi Pinogu. Kopi ini berdasarkan penuturan warga, sudah ditanam sejak tahun 1800an dan menjadi salah satu kopi yang disukai Ratu Wilhelmina. BSIP sendiri sejak tahun 2019 telah melakukan eksplorasi SDG diwilayah tersebut, hasilnya Kopi Pinogu telah memperoleh 2 sertifikat yaitu indikasi geografis dan tanda daftar varietas.
Perhatian Pemda Bone Bolango, dipimpin Bupati Dr Hamim Pou terhadap pembangunan wilayah ini sangatlah besar, buktinya tahun 2022 Kopi Pinogu telah tersertifikasi SNI Produk Pertanian Organik, sertifikat ini diharapkan akan memberikan nilai tambah bagi industri Kopi Pinogu karena komoditas/produknya dihasilkan tanpa bahan kimia sintetis serta memiliki nilai jual jauh lebih tinggi dibandingkan produk non organik.
Mengoptimalkan Kopi Pinogu yang sudah tersandar SNI, BSIP dan Bappeda Kab Bone Bolango berkolaborasi dalam rangka membangun industri Kopi Pinogu yang berstandar dan berdaya saing. Selama 3 hari, 15-17 Maret 2023 tim BSIP, dipimpin Kepala BSIP Dr Sumarni Panikkai didampingi tim melakukan observasi dan diskusi dengan berbagai stakeholders (petani, penyuluh, aparat desa, pelaku usaha, pemerintah kabupaten) guna mengidentifikasi kendala, serta strategi pengembangan Kopi Pinogu Organik Terstandar, dengan melihat dari berbagai aspek seperti subsistem hulu hilir serta on farm.