PORTAL PPID

Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Gorontalo

PPID Utama

BSIP Gorontalo Gencarkan Peningkatan Kompetensi Pengelola Perpustakaan Melalui Bimtek




 Dalam sambutannya, Nitam Kasim menyampaikan bahwa kegiatan Bimtek Pengolahan Bahan Perpustakaan diikuti oleh 4 orang pengelola perpustakaan dengan tujuan utama meningkatkan kompetensi sumber daya manusia. Selain itu, Bimtek ini diarahkan untuk memperkaya pengetahuan, meningkatkan keterampilan, dan membentuk sikap positif para pengelola perpustakaan, terutama dalam konteks pengolahan bahan perpustakaan.

Kurikulum yang diterapkan dalam Bimtek ini difokuskan pada materi inti, mencakup inventarisasi, katalogisasi, klasifikasi, dan tajuk subyek. Selain itu, terdapat pula materi tentang pengantar pengolahan bahan perpustakaan berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), praktek katalogisasi, dan praktek klasifikasi. Metode pembelajaran yang digunakan lebih menekankan pada pendekatan praktek aplikatif, dengan penekanan pada metode inquiry, discovery, praktek, demonstrasi, problem-solving, serta latihan kerja.

Nitam Kasim juga menekankan bahwa kegiatan ini merupakan upaya konkret dalam meningkatkan keterampilan sumber daya manusia pengelola perpustakaan. Hal ini bertujuan untuk memastikan pengelola perpustakaan mampu mengolah bahan perpustakaan secara efektif, sehingga proses pelayanan, penyusunan dalam rak, administrasi layanan, dan evaluasi pengembangan bahan perpustakaan ke depan dapat berjalan dengan baik.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan perpustakaan di Gorontalo dapat terus berkembang dan memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat.

Logo

PPID

Kementerian Pertanian
Republik Indonesia

Alamat:

Sekretariat PPID
Jl. Mohamad Van Gobel No.270, Iloheluma, Tilongkabila, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo 96119

Hubungi:

HP & WA: 082194884948
Email: [email protected]

Peta Lokasi

Gedung Kementerian Pertanian, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

www.pertanian.go.id

ppidutama

ppidkementan

ppidkementan

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset